Doc3_001.jpg

Rabu, 17 Februari 2021. Sehubungan dengan adanya surat edaran Sekretaris  Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 04 Tahun 2021 tentang Sidang Istimewa  Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2020 yang berlangsung  pada pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Kusumah Atmadja Lantai 14 Mahkamah Agung  RI, Jalan Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta Pusat. Ketua Pengadilan Agama  Binjai Nuzul Lubis, S.H.I., M.A. menyaksikan siaran langsung acara Sidang  Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2020 di Ruang  Media Center Pengadilan Agama Binjai, yang mengusung tema "Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan".  Siaran langsung tersebut dapat disaksikan melalui tautan : https://bit.ly/MA-Live

Doc4_001.jpg

Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI tahun 2020. Kali ini, penyampaian laporan oleh Ketua MA dilakukan secara Virtual, dengan mengundang seluruh satuan kerja peradilan di seluruh Indonesia. Turut Hadir juga dalam Acara Laporan Tahunan ini, Presiden , Wakil Presiden, para Pimpinan Lembaga Negara, para Ketua Mahkamah Agung Negara-negara Sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Jaksa Agung, Kapolri, hingga para Pejabat Tinggi lainnya. Laporan tahunan ini bertujuan memberikan laporan kepada presiden dan seluruh rakyat Indonesia tentang capaian2 yang telah dilakukan oleh Mahkamah Agung selama tahun 2020. Semoga Mahkamah Agung semakin maju dan unggul. (Tim IT PA Binjai)

2.jpeg

Binjai, 11 Februari 2021. Bertempat di ruang Media Center, Aparatur Pengadilan Agama Binjai melaksanakan nonton bareng Live Streaming pengukuhan Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. sebagai Guru Besar Fakultas Hukum UNDIP. Siaran langsung ini dapat dilihat melalui channel youtube Mahkamah Agung
(https://www.youtube.com/watch?v=FJ9AKlaQmH4&ab_channel=MahkamahAgungRepublikIndonesia).

Dalam siaran langsung tersebut turut ditampilkan kisah perjalanan hidup Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., dari masa kecil hingga saat ini. Banyak pelajaran yang dapat dipetik dalam kisah hidup beliau. Selamat kepada Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., atas pengukuhan sebagai Guru Besar Fakultas Hukum UNDIP di PA Binjai. Semoga amanah dan istiqomah dalam memangku jabatan dan membawa kebaikan bagi Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya. (Tim IT PA Binjai)

Binjai, 11 Februari 2021. Bertempat di Musholla Al-Mizan tepat pukul 08.30 Wib, aparatur Pengadilan Agama Binjai berkumpul untuk melaksanakan Bimbingan Mental (Bintal) seperti hari Kamis biasanya. Selaku penceramah untuk hari ini adalah Novi Andriyani, S.E., M.M., selaku Sekretaris Pengadilan Agama Binjai. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan pengalaman diklatnya yaitu video pembelajaran dari Widyaiswara .

“Finlandia adalah negara yang paling bahagia. Finlandia memiliki konsep kejujuran yang paling teguh dan memiliki sikap toleransi yang luar biasa baik dalam aspek bermasyarakat hingga aspek kenegaraan. Mulailah dari sendiri untuk bersikap jujur, sehingga orang sekitar akan mencontoh kita juga. “, ujar Ibu Sekretaris Pengadilan Agama Binjai Novi Andriyani, S.E., M.M. Beliau berharap semoga negara Indonesia yang mayoritas muslim bisa seperti negara Finlandia dalam menerapkan aspek kejujuran. 

Selanjutnya bimbingan dan arahan dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Binjai, Helmilawati, S.H.I., M.A. Dalam arahannya beliau menyampaikan beberapa hal :

  • Mari mulai kejujuran dari diri sendiri
  • Terapkan kejujuran dalam perilaku sehari-hari, terutama petugas bagian PTSP yang langsung berhubungan dengan orang banyak setiap hari.
  • Pengadilan Agama Binjai masih mempunyai banyak PR dalam Zona Integritas.

Semoga kantor Pengadilan Agama Binjai menjadi kantor yang diharapkan oleh Mahkamah Agung dan Zona Integritas bukan sekedar menjadi seremonial belaka. (Tim IT PA Binjai)

Binjai, 5 Februari 2021.

Usai melaksanakan kegiatan penandatanganan komitmen bersama Pembangunan Zona Integritas (ZI) pada Jumat pagi (5/2/2021), Ketua Pengadilan Agama Binjai Nuzul Lubis, S.H.I., M.A., beserta Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris mengikuti virtual meeting pembinaan Zona Integritas yang dikomandoi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan yang dimulai pukul 14.00 WIB. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., memberikan bimbingan atas pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBMM) kepada seluruh Pengadilan Agama se-Sumatera Utara.

"Seluruh Pengadilan Agama supaya bersungguh-sungguh mengikuti zona integritas ini. Lakukan perubahan mendasar dan buat inovasi yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Tidak ada pungutan liar dalam bentuk apapun. Bertindak tegas kepada setiap penyimpangan dan penyelewengan ", tegas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan tersebut. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., juga mengapresiasi Pengadilan Agama Binjai yang sudah melakukan penandatangan komitmen bersama dalam Pembangunan Zona Integritas. Diharapkan Pengadilan Agama Binjai berhasil meraih predikat WBK dan WBMM. (Tim IT. PA. Binjai)

Binjai, 5 Februari 2021.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pengadilan Agama Binjai pada hari Jumat tanggal 5 Februari 2021 menyelenggarakan kegiatan penandatanganan komitmen bersama pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Acara yang berlangsung di ruang sidang satu gedung B Pengadilan Agama Binjai tersebut dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Binjai.

Sebelum penantangan komitmen bersama Pembangunan Zona Integritas, seluruh aparatur Pengadilan Agama Binjai dengan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Binjai Bapak Nuzul Lubis, S.HI, M.A. membacakan ikrar dan komitmen bersama dalam pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Binjai.  Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Binjai.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Binjai Helmilawati, S.H.I., M.A, yang sekaligus sebagai Ketua Tim Pembangunan Zona Integitas menyampaikan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Binjai agar melaksanakan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, tidak boleh ada pungutan dalam bentuk apapun, dan dalam jumlah berapapun. Selain petugas yang telah ditunjuk, seluruh pegawai dilarang melakukan pertemuan dengan pihak berperkara baik di dalam gedung maupun di luar gedung Pengadilan Agama Binjai. Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas itu juga menyampaikan bahwa kita adalah pelayan bagi masyarakat, sehingga kita harus berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

 

Ada dua hal yang ingin dicapai Mahkamah Agung dalam pencanangan zona integritas yaitu meraih kepercayaan masyarakat dan meraih kepuasan masyarakat. Kepercayaan masyarakat diperoleh melalui mutu putusan yang baik dan kepuasan masyarakat diperoleh melalui pelayanan baik kepada masyarakat pencari keadilan. Mahkamah Agung telah menginstruksikan kepada empat lingkungan peradilan untuk melaksanakan pembangunan zona integritas ini.

Setelah acara doa oleh Hakim Pengadilan Agama Binjai, Khoiruddin Hasibuan, Lc., acara ditutup dengan foto bersama. Semoga penandatanganan komitmen bersama perubahan zona integritas ini tidak hanya sebatas seremonial akan tetapi lebih kepada mewujudkan aparatur Pengadilan Agama Binjai yang konsisten dan memiliki keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, kejujuran dan kebenaran. (Tim IT PA Binjai)

  • mamak-butet.jpg
  • muflih.jpg
  • ucapan-duka.jpg