1

Binjai │ www.pa-binjai.go.id

Kamis, 8 Juli 2021. Bertempat di Musholla Al Mizan, Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Binjai melaksanakan pembinaan mental yang rutin dilaksanakan setiap Kamis pagi pukul 08.30 Wib. Kegiatan pembinaan mental ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Azmi Nur Nasution, S.Kom. (CPNS Pengadilan Agama Binjai) dan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Bapak Khoiruddin Hasibuan, Lc., M.A., Hakim Pengadilan Agama Binjai.

1

Dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwasannya dalam kehidupan ini hendaknya kita jangan suka menilai orang lain. Bertumbuh atau tidaknya seseorang hanya Tuhan yang menilai tetapi jika ada seseorang yang menilai orang lain maka dialah yang tidak bertumbuh karena dia mengambil hak Tuhan dalam penilaian. Seperti kisah seorang wanita yang menggeluti pekerjaan sebagai pelacur berjalan di tengah hari yang terik. Dia kemudian melihat seekor anjing yang menjulurkan lidahnya karena kehausan. Anjing itu terus mengelilingi sumur berharap bisa mendapat air untuk minum. Namun tidak berhasil dan anjing tersebut hampir saja mati. Wanita pelacur yang melihat anjing itu kemudian menghampiri dan menolongnya. Dia melepas sepatunya, turun ke dalam sumur, lalu mengambilkan air dengan sepatu itu. Air itu kemudian diberikan kepada anjing yang kehausan. Anjing itu kemudian kembali bugar, bertenaga, dan sehat. Allah SWT mencatat perbuatan wanita tersebut sebagai amal shaleh dan mengampuni dosa-dosanya. Hikmah dari cerita ini adalah Allah SWT mungkin saja mengampuni dosa besar dengan amal yang kecil sebagai keutamaan dan seseorang dilarang untuk menghakimi orang-orang yang berbuat dosa sebagai ahli neraka. Bisa saja diakhir hayatnya para pendosa itu melakukan amalan saleh atau amalan ahli surga dan Allah SWT mengampuni dosanya.

1

Kemudian bimbingan dan arahan dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Binjai Ibu Helmilawati, S.HI., M.A. Dalam bimbingan dan arahannya Wakil Ketua Pengadilan Agama Binjai mengajak aparatur Pengadilan Agama Binjai untuk menjaga hubungan yang baik tidak hanya kepada Allah, tetapi juga kepada manusia. Hablumminallah dan hablumminannas. Selanjutnya beliau mengucapkan terima kasih kepada aparatur Pengadilan Agama Binjai yang telah meluangkan waktunya dalam mengikuti pembinaan mental ini. Minimal sekali seminggu qalbu ini diisi dengan siraman rohani yang tujuannya untuk saling menasehati dan mengingatkan satu sama lain. Sehingga hati ini menjadi lembut dan tidak mudah emosi. (Tim IT PA Binjai)

  • armen.jpg
  • ayah-kak-ari.jpg
  • buk-mila.jpg
  • kiki.jpg
  • mamak-butet.jpg
  • mamak-kak-ari.jpg
  • muflih.jpg
  • ucapan-duka.jpg