1

Binjai │ www.pa-binjai.go.id

Bertempat di Musholla Al Mizan, aparatur Pengadilan Agama Binjai melaksanakan kegiatan bina mental pada Kamis, 6 Januari 2021 dan dimulai pukul 08.30 Wib. Kegiatan bina mental ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Faizur Rahman, S.H., PPNPN Pengadilan Agama Binjai. Selanjutnya selaku penceramah pada bintal ini adalah Ketua Pengadilan Agama Binjai, Ibu Helmilawati, S.H.I., M.A.

1

Dalam ceramahnya Ketua Pengadilan Agama Binjai menyampaikan makna dari surat Al Ashr ayat 1-3 “Demi masa. Sungguh manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran”. Makna yang terkandung dalam ayat pertama sebaiknya kita memberi perhatian lebih kepada waktu dan mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk hal yang terpuji. Sebab waktu tidak akan berhenti maupun terulang meski sedetik saja. Waktu yang paling jauh adalah waktu yang telah kita lalui. Sementara kita juga tidak bisa menebak masa depan. Meskipun banyak ahli ramal pada saat ini, itu hanyalah sebuah prediksi bukan hal yang pasti.

1

Makna yang terkandung dalam ayat kedua adalah banyak manusia dalam keadaan merugi. Karena ada banyak manusia yang tidak memanfaatkan kehidupan di dunia dengan baik. Orang hanya sibuk menikmati dunia dan menuruti hawa nafsu. Padahal di dunia ini hanya sementara dan hanya akhirat yang kekal. Kemudian makna yang terkandung dalam ayat ketiga adalah tiga syarat yang tertulis bagaimana cara agar tidak menjadi orang yang merugi, yaitu beriman dan beramal saleh, saling menasehati mengenai kebenaran, serta saling menasihati mengenai kesabaran.

Selanjutnya dalam bimbingan dan arahannya Ketua Pengadilan Agama Binjai mengajak seluruh aparatur Pengadilan Agama Binjai untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. “Bukan tugas kita untuk menilai orang lain, itu haknya Allah. Mari kita saling mengintrospeksi diri untuk menjadi insan yang lebih baik”, ajak beliau. Harapan kedepannya kita sama-sama bekerja dan bekerja sama untuk membangun Pengadilan Agama Binjai menjadi lebih baik dan berprestasi. (Tim IT PA Binjai)

  • azmi.jpg
  • dani.jpg