CCTV Online Pengadilan Agama Binjai

Asisten Virtual Pengadilan Agama Binjai

Facebook Pengadilan Agama Binjai

Instagram Pengadilan Agama Binjai

Youtube Pengadilan Agama Binjai

Whatsapp Pengadilan Agama Binjai

  • Ramadhan 1445H
  • HB-Welcome
  • HB Visi
  • misi
  • Zona Integritas
iconrow prosedur iconrow laptah iconrow sipp iconrow sapm iconrow siwas iconrow ecourt
PROSEDUR BERPERKARA JADWAL SIDANG SIPP APM SIWAS MA RI e-COURT VALIDASI AKTA CERAI APLIKASI GUGATAN MANDIRI
 

 

APLIKASI INTERNAL

1  1 1
E-SKEMA ABSENSI APEL  Si-LONIK SEKAWAN APLIKASI MANAJEMEN SURAT ABSENSI PPNPN

PRIO

  icon linktree Icon SILVIA 2 Icon CS Online2 icon brosur Icon E Magang2
 
 

 ASISTEN ADIL

HOTLINE SERVICE 24 JAM

CUSTOMER SERVICE ONLINE 

E-BROSUR

 E-MAGANG

 

 

 

 

Maklumat Pelayanan 2022 tanpa foto

Pengumuman
  • progpri 2023
  • poster pengaduan badilag
  • web1
  • web2
  • web3
  • web4
  • web5
  • lapor
  • direktori
  • pengaduan1
  • court
  • hak istri
  • covid12
  • 8 nilai

 

 

 

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Lebih Lanjut

Syarat dan Tata cara Pengaduan

TypographySyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Lebih Lanjut
 
Prosedur Berperkara
Bagaimana Prosedur Berperkara ?
1 Prosedur berperkara tingkat pertama, banding, kasasi, peninjauan kembali, prosedur verzet, gugatan sederhana ekonomi syariah, e-court dan pengambilan produk.
Lebih Lanjut
 
Prosedur Permohonan Informasi
Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?
1 Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.
Lebih Lanjut
 

Prosedur Pengaduan

Syarat dan Tata Cara Pengaduan ?
1 Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.
Lebih Lanjut
 

Prosedur Bantuan Hukum

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu
1 Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.
Lebih Lanjut

Radius Biaya Panggilan

Biaya Pemanggilan/Pemberitahuan pada Pengadilan Agama Binjai
icon surat panggilan Jarak Radius dan Biaya Pemanggilan/Pemberitahuan pada Pengadilan Agama Binjai berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Binjai Nomor : W2-A2/1610/HK.05/X/2022 tanggal 28 Oktober 2022.
Lebih Lanjut

statistik Statistik Perkara

Grafik Perkara 3 Bulan Terakhir

SKM TW4 2023

  
     

Semua perkara perdata yang diselesaikan di pengadilan, terlebih dahulu,wajib diupayakan penyelesaian melalui mediasi.Dan, dalam pertimbangan putusan wajib menyebutkan adanya upaya mediasi, sehingga jika suatu perkara yang dalam persidangan dihadiri oleh kedua belah pihak tidak dilakukan upaya mediasi, maka putusan batal demi hukum.

Mediasi adalah proses penyelesaian perkara melalui perundingan untuk memperoleh kesepakatan para pihak dengan dibantu oleh mediator, sebagaimana diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2008 tanggal 31 Juli 2008.

Proses pemeriksaan oleh majelis hakim untuk mediasi :
  1. Pada persidangan yang dihadiri oleh kedua belah pihak berperkara, hakim wajib menjelaskan mengenai keharusan melaksanakan mediasi yang dibantu oleh mediator.
  2. Hakim menawarkan kepada para pihak untuk memilih mediator dari daftar mediator yang disediakan.
  3. Setelah kedua pihak menyepakati nama mediator, maka sidang ditunda dalam waktu yang ditentukan.
  4. Jika proses mediasi telah dilaksanakan, maka persidangan dilanjutkan dengan memperhatikan hasil mediasi.

Catatan :

  • Penunjukan hakim mediator dilakukan melalui Penetapan Ketua Majelis.
  • Para pihak menemui hakim mediator dengan dibantu oleh petugas yang telah ditentukan.
  • Proses dalam mediasi ditentukan oleh hakim mediator yang bersangkutan sampai batas waktu paling lama 40 hari, dan atas dasar kesepakatan para pihak jangka waktu mediasi dapat diperpanjang paling lama 14 hari kerja.
  • Jika mediasi gagal mencapai kesepakatan, hakim mediator menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada hakim majelis yang memeriksa perkara dan para pihak menghadap hakim pada hari sidang yang ditentukan, dan proses persidangan dilanjutkan sebagaimana biasa.
  • Jika mediasi mencapai kesepakatan, para pihak wajib menghadap hakim pada hari sidang yang telah ditentukan dengan membawa hasil kesepakatan yang telah ditandatangani kedua belah pihak.
Proses persidangan setelah mediasi dilaksanakan

A. Mediasi tidak mencapai kesepakatan

Jika mediasi tidak mencapai kesepakatan, maka pemeriksaan dipersidangan dilanjutkan sesuai dengan tahapannya.

B. Mediasi mencapai kesepakatan

Jika mediasi mencapai kesepakatan, para pihak wajib menghadap hakim dengan membawa hasil kesepakatan yang telah ditandatangani para pihak. Terhadap hasil kesepakatan tersebut para pihak dapat :

  1. Meminta hasil kesepakatan tersebut dituangkan dalam putusan perdamaian (akta dading).
  2. Mencabut gugatan sebagaimana klausula yang harus dicantumkan dalam kespakatan, jika hasil kesepakatan tidak ingin dituangkan dalam putusan.

Untuk perkara Perceraian,maka jika tercapai kesepakatan Penggugat atau Pemohon wajib mencabut gugatannya atau permohonannya. Akan tetapi apabila kesepakatan damai hanya tercapai sebagian selain mengenai perceraian (kumulasi dengan perkara lain), maka hasil kesepakatan tersebut dapat dimintakan untuk dicantumkan dalam putusan atau dicabut (mis. baik dalam konvensi dan/atau dalam rekonvensi).

Lain-lain
  1. Biaya pemanggilan para pihak untuk proses mediasi, terlebih dahulu dibebankan kepada Penggugat atau Pemohon. Jika tercapai kesepakatan maka dibebankan kepada para pihak, jika tidak tercapai kesepakatan maka dibebankan kepada pihak yang secara hukum membayar biaya perkara.
  2. Jenis Perkara yang dimediasi adalah semua jenis perkara perdata.
  3. Untuk mediator hakim tidak diberi honorarium.
  4. Jika mediasi gagal mencapai kesepakatan, semua pernyataan atau pengakuan tidak dapat digunakan sebagai alat bukti dalam perkara yang bersangkutan maupun perkara lain, dan harus dimusnahkan serta mediator tersebut tidak dapat sebagai saksi dan jika mediasi berhasil mencapai kesepakatan dan ternyata kemudidan hari terdapat kesalahan yang menimbulkan kerugian, mediator tidak dapat dikenai pertanggung jawaban pidana maupun perdata atas isi kesepakatan perdamaian hasil proses mediasi.

 Jam Layanan

Jam Kerja
Senin-Kamis Jum'at
 08:00 - 16:30  08:00 - 17:00
  Istirahat
Senin-Kamis Jum'at
 12:00 - 13:00  12:00 - 13:30
CATATAN !
  • Hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional Tutup
  • Khusus di Bulan Suci Ramadhan Jam Kerja/Layanan Dapat Berubah dan Disesuaikan Dengan Peraturan Yang Berlaku. Link

Statistik

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
820
7300
37073
1052682

3.31%
34.70%
1.70%
1.00%
0.19%
59.09%

Alamat IP Anda: 54.152.43.79

Sosial Media

Aplikasi Eksternal

Icon IPKP

Icon IPAK

  • 20230220-taufik-ketua.jpg
  • 20230314-adji-pns.jpg
  • 20230321-syarwani-panitera.jpg
  • 20230517-harfida-kasub-ptip.jpg
  • 20230517-siti-kasub-kepeg.jpg
  • 20230927-gani-wakil.jpg
  • 20231019-imam-panmud-gugatan.jpg
  • 20231019-selamat-panmud-permohonan.jpg
  • 20231019-tia-panmud-hukum.jpg
  • 20231314-zefa-pns.jpg