1

Binjai, 6 Mei 2019. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan membawa hikmah, serta kebahagiaan bagi umat Islam. Begitu juga dengan aparatur Pengadilan Agama Binjai yang pada hari pertama Ramadhan diisi dengan tausiyah agama. Tausiyah agama dilaksanakan di Musholla Al Mizan setelah selesai melaksanakan sholat zuhur berjamaah.

11

Ketua Pengadilan Agama Binjai, Dr. Hj. Sakwanah, S.Ag., S.H., M.H. bertindak sebagai penceramah pada hari pertama Ramadhan ini. Dalam tausiyahnya Ketua Pengadilan Agama Binjai menyampaikan bahwa pada Bulan Ramadhan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

Pertama, pada sepuluh hari pertama di Bulan Ramadhan adalah Rahmat. Pada sepuluh hari tersebut banyak sekali rahmat yang diturunkan Allah kepada kita. Untuk itu marilah kita banyak berdoa dan beribadah kepada Allah agar setiap hari kita berada dalam rahmat Allah.

Kedua, pada sepuluh hari kedua di Bulan Ramadhan adalah Maghfirah. Pada sepuluh hari kedua banyak sekali dosa yang diampunkan Allah apabila kita bertobat. Hendaklah kita berdoa dan dzikir untuk memohon ampunan Allah agar diampuni dari dosa-dosa yang sudah kita perbuat.

Ketiga, pada sepuluh hari ketiga di Bulan Ramadhan adalah penghindaran diri dari siksaan api neraka. Pada sepuluh hari terakhir inilah kesempatan untuk menyucikan diri kita dan banyak-banyak berdoa agar kita senantiasa dihindarkan dari api neraka. Pada malam-malam terakhir ini juga terdapat pula malam Lailatul Qadr yaitu malam yang lebih mulia dari seribu bulan (QS. Al-Qadr).

1

Ketua Pengadilan Agama melanjutkan meskipun ada banyak manfaat yang kita peroleh selama Ramadhan, misalnya dosa kita yang akan diampuni, namun ada 4 golongan yang tidak akan diampuni dosanya, yaitu :

  1. Orang yang minum arak atau minuman keras.
  2. Orang yang menghardik orang tuanya.
  3. Orang yang memutus tali silaturahmi.
  4. Orang yang sedang berselisih.

Untuk itu Ketua Pengadilan Agama Binjai mengingatkan dan mengajak seluruh aparatur Pengadilan Agama Binjai untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan hal-hal yang baik. Jangan pernah meninggalkan sholat wajib yang lima waktu. Perbanyak sholat sunnah dan membaca Al-Quran. Allah akan melipatgandakan nilai pahala atas semua kebaikan yang kita lakukan. Semoga kita menjadi manusia yang lebih baik setiap harinya. (Tim IT PA Binjai)

  • 1-ketua.jpg
  • 2-waka.jpg
  • 3-hakim.jpg
  • 4-hakim.jpg
  • 5-indah.jpg
  • 6-bude.jpg
  • 7-ucapan-duka.jpg
  • 8-ucapan-duka-ketua.jpg