1

Pengadilan Tinggi Agama Medan kembali melaksanakan acara pelepasan 2 orang Hakim setelah sebelumnya pada tanggal 27 Januari 2020 PTA Medan melepas 5 orang Hakim Tinggi karena telah purna tugas/ memasuki masa purna bakti, sehingga  jumlah Hakim Tinggi  PTA Medan berkurang sebanyak 7 orang.

Acara Pelepasan 2 orang Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 3 Maret 2020, pukul 10.30 WIB bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan. 2 orang Hakim Tinggi yang dilepas karena mutasi adalah :

  1. Dr. H. Idris Ismail, S.H., M.H. mutasi ke Pengadilan Tinggi Agama Padang;
  2. Drs. H. M. Kamil Khatib, S.H., M.H. mutasi ke Pengadilan Tinggi Agama Surabaya;

Bersamaan kegiatan tersebut dilaksanakan juga perpisahan dengan Drs. Kurthubi, M.H. Panitera PTA Medan yang mutasi menjadi Panitera PTA Samarinda, juga Drs. H. Basuni, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Agama Medan mendapat promosi sebagai Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh, dan Drs. H. Bakti Ritonga, S.H, M.H. Ketua Pengadilan Agama Rantau Prapat mutasi menjadi Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Sumatera Selatan.

2 3

Hadir dalam acara pelepasan tersebut, Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan (Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai dan Honorer serta DYK Cabang PTA Medan. Hadir juga Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se Sumatera Utara. 

Acara dibuka oleh pembawa acara Drs. Ali Mukti Daulay, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Drs. Husnul Yakin, S.H., M.H. Kemudian dilanjutkan dengan kesan dan pesan yang disampaikan oleh Hakim Tinggi yang mutasi, diwakili oleh Dr. H. Idris Ismail, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, pak Idris menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua, dan Wakil Ketua, Para Hakim Tinggi,  Panitera Pengganti, juga kepada Ketua PA se Sumatera Utara, kepada pimpinan PTA pak Idris mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan petunjuk yang diberikan, kepada rekan Hakim Tinggi dan Panitera Pengganti, terima kasih atas kerjasama dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, dan kerjasama yang baik dalam tugas menyelesaikan perkara banding yang ditangani. Ucapan terima kasih juga kepada Para Ketua PA atas kerjasama dan komunikasi yang terjalin dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta pembinaan dan pengawasan di daerah. Juga kepada seluruh pegawai PTA Medan dalam mendukung dan membantu pelaksanaan tupoksi maupun tugas lainnya.

Terakhir dalam penyampainnya, mewakili diri dan para hakim tinggi, Ketua PA dan Panitera yang mutasi bersama keluarga menyampaikan permohonan maaf jika terjadi kesalahan dalam bergaul selama bertugas di PTA Medan, dan berpesan agar silaturrahmi antara kita tetap terjaga dan terjalin sebagaimana biasa.

Kesan dan pesan mewakili Keluarga besar PTA Medan dan PA se Sumatera Utara disampaikan oleh Drs. H. Mansur Muda Nasution, S.H., M.H. (Hakim Tinggi PTA Medan). Pak Mansur Muda menyampaikan pada intinya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada hakim tinggi, Ketua PA dan Panitera  yang mutasi, atas kerjasama yang terjalin dengan indah dan baik selama bertugas di PTA Medan, dan mohon maaf atas segala kesalahan selama bergaul di PTA Medan dan jalinan silaturrahmi antara kita yang selama ini terjalin dengan indah dan ramah semoga tetap berkelanjutan meskipun kita berpisah tempat dan suasana yang tidak bersama lagi. Semoga kita dapat berjumpa lagi di lain kesempatan. Dan tidak lupa pak Mansur menyampaikan 5 bait pantun.

4

Ketua PTA Medan, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. dalam sambutannya  menyampaikan, bahwa PTA Medan merasa kekurangan hakim tinggi, pada bulan Januari saja 5 hakim tinggi yang purna bhakti, kemudian bulan ini 2 lagi mutasi sedangkan yang masuk ke PTA Medan hanya satu, namun demikian penyelesaiaan perkara harus tetap diselesaikan dalam dua minggu, karena jumlah dengan 10 orang hakim tinggi, untuk menangani kurang lebih 150 perkara setahun itu dipandang cukup oleh pak Dirjen, sementara perkara banding semakin tahun makin meningkat dan hakim tinggi berkurang. Namun demikian PTA Medan juga merasa senang karena pak Kamil mutasi ke PTA Surabaya, sedangkan pak Idris pulang kampung ke PTA Padang;

Atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas di PTA Medan semoga menjadi amal  ibadah dan amal jariyah kelak. hal-hal yang baik silahkan dapat menjadi kenangan indah  dan hal-hal yang tidak baik/jelek harap ditinggal disini, jangan dibawa-bawa.

Saya berharap, meskipun kita berpisah dan bertugas di tempat yang berbeda, namun silaturrahmi tetap terjaga dan semoga kita masih berjumpa dalam satu kantor yang sama kembali. Ketua mengucapkan selamat kepada para hakim tinggi dan Panitera yang mutasi, semoga silaturrahmi antara kita meskipun berjauhan tetap berkelanjutan dan berkesinambungan sebagaimana biasa.

5

Setelah sambutan Ketua PTA Medan acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Sagiran, S.H. acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dan makan bersama. (amr)

  • arie.jpg
  • buk-indah.jpg
  • duka-umi.jpg
  • fatma1.jpg
  • khoiruddin-1.jpg
  • mamak-buk-arma.jpg
  • nurhayati.jpg
  • PENSIUN-BUK-RAMLAH.jpg
  • putri.jpg
  • ucapan-duka-arie.jpg