1

Binjai, 21 Februari 2019. Bertempat di Musholla Al Mizan, Hakim dan pegawai Pengadilan Agama Binjai mengikuti pembinaan mental yang dilaksanakan setiap hari Kamis setiap minggunya. Adapun penceramah untuk hari ini Kamis (21/2) adalah hakim Pengadilan Agama Binjai, Evawaty, S.Ag.

11

Dalam bintalnya beliau menyampaikan teori pokok untuk mengobati sesuatu yang sakit menurut Imam Ibnul Qoyim dalam karyanya Ighatsatul Lahafan, yaitu :

  1. Menjaga kekuatan, orang yang sakit hati salah satu upaya yang harus dilakukan adalah menjaga kekuatan mentalnya, dengan ilmu yang bermanfaat dan melakukan berbagai ketaatan. Hatinya harus dipaksa untuk mendengarkan nasehat dan ilmu yang bersumber dari Al-Quran dan sunah, serta fisiknya dipaksa untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Karena ilmu dan amal, merupakan nutrisi bagi hati manusia. Karena hati senantiasa butuh nutrisi berupa ilmu.
  2. Melindungi dari munculnya penyakit yang baru atau sesuatu yang bisa memparah sakitnya. Dia hindarkan dirinya dari segala bentuk penyimpangan. Karena dosa dan maksiat adalah sumber penyakit bagi hati. Sesungguhnya seorang hamba, apabila melakukan perbuatan maksiat maka akan dititikkan dalam hatinya satu titik hitam. Jika dia meninggalkan maksiat itu, memohon ampun dan bertaubat, hatinya akan dibersihkan.
  3. Menghilangkan penyakit yang ada dalam dirinya. Ibnul Qoyim menjelaskan bahwa cara untuk menghilangkan penyakit yang merusak hati adalah dengan banyak bertaubat, beristighfar, memohon ampunan kepada Allah. Jika kesalahan itu harus ditutupi dengan membayar kaffarah maka dia siap membayarnya. Jika terkait dengan hak orang lain, diapun siap dengan meminta maaf kepadanya.

11

Ketua Pengadilan Agama Binjai DR. Hj. Sakwanah, S.Ag., S.H., M.H. Ketua menambahkan hakikat dari hidup bahagia adalah apabila hati kita sudah bisa kita tata dengan baik. Marilah kita tetap menjaga hati, apabila baik hatinya maka kehidupan juga akan baik, sebaliknya apabila hati tidak baik maka kehidupan akan tidak baik pula.

1

Dalam bimbingan dan arahannya, Ketua mengucapkan terima kasih kepada seluruh hakim dan pegawai yang telah bekerja keras untuk mewujudkan Pengadilan Agama Binjai yang semakin baik. Sebagai tindak lanjut surat Dirjen Badilag Nomor : 0618/DJA/PS.00/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 perihal Hasil Inspeksi Mendadak, salah satu hal yang akan kita laksanakan di Pengadilan Agama Binjai adalah apel pagi setiap hari Senin (sudah kita laksanakan) dan apel sore setiap hari Jumat. Mari sama-sama kita jaga disiplin kerja untuk kebaikan kita bersama dan Pengadilan Agama Binjai. (Tim IT PA Binjai)

  • 3-kholil.jpg
  • 4-fatimah.jpg
  • indah.jpg