1

Binjai, 27 Desember 2018. Tepat pukul 10.00 Wib, Hakim dan Pegawai berkumpul di Ruang Rapat Lantai Dua Pengadilan Agama Binjai untuk menyaksikan siaran langsung Refleksi Akhir Tahun Kinerja Mahkamah Agung RI Tahun 2018. Menyongsong Tahun 2019, Menuju Era Baru Peradilan Modern BerbasisTeknologi Informasi.

Acara Refleksi Akhir Tahun Kinerja Mahkamah Agung RI Tahun 2018 ini berlangsung di Tower Lantai II Gedung Mahkamah Agung RI yang dipimpin Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H.

1

Mahkamah Agung memaknai arti penting tahun 2018 sebagai era baru menuju badan peradilan yang modern, ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang bertujuan untuk mengatasi kendala-kendala penyelenggaraan peradilan berupa lambatnya penanganan perkara, kurangnya akses keadilan, serta masalah integritas dan profesionalisme aparatur. Ketua Mahkamah Agung menyampaikan kebijakan dan inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi :

  1. Penerapan sistem informasi penanganan perkara (SIPP) versi 3.2.0 secara nasional pada 4 lingkungan peradilan yang terintegrasi dengan direktori putusan dan sistem administrasi perkara Mahkamah Agung (SIAP).
  2. Penerbitan Perma No. 3 Tahun 2018 tentang administrasi perkara secara elektronik diikuti dengan launching e-court pada tanggal 13 Juli 2018 di Balikpapan.
  3. Pengembangan aplikasi sistem pengawasan Mahkamah Agung RI (SIWAS MARI) versi 3.0 yang memuat berbagai perbaikan dan penambahan fitur antara lain menu gratifikasi dan menu benturan antar kepentingan.
  4. Untuk pengelolaan Sumber Daya Manusia yang profesional dan berfokus pada kompetensi, Mahkamah Agung telah meluncurkan aplikasi SIKEP Versi 3.1.0 pada tanggal 20 Desember 2018.

Dengan dilaksanakan nonton bareng live streaming refleksi akhir tahun kinerja Mahkamah Agung RI tahun 2018 ini diharapkan kedepannya kita dapat bekerja lebih baik dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. (Tim IT PA Binjai)

  • 3-kholil.jpg
  • 4-fatimah.jpg
  • indah.jpg